usaha kontraktor kecil dan jenis kerjanya

Usaha Kontraktor Kecil dan jenis pekerjaannya

Persaingan dunia bisnis khususnya di Kontraktor sudah semakin ketat dan sulit, dan usaha kontraktor kecil makin tergilas kalau tidak pintar-pintar dalam mencari terobosan. Tapi kalau yang cerdas justru usaha kontraktor kecil malah hidup dan bisa langgeng alasannya karena kontraktor kecil tidak ikut persaingan dengan kontraktor besar dalam tender malah sebaliknya kalau usaha kontraktor kecil tadi cerdas pasti akan mengekor atau ikut atau bahas kontraktor nya nge-sub ke yang dapat tender.  Itulah alasan usaha kontraktor kecil malah hidup bahkan makin bertahan, maju dan berkembang sehingga usahanya bisa bertahan dan langgeng.

Jenis Pekerjaan yang bisa di kerjakan kontraktor kecil seperti :

 

1.Tenaga kasar atau tenaga lapangan

Tenaga kasar atau tenaga lapangan yang di dalam dunia kontraktor biasa di sebut kuli ini biasanya di sub kan atau di berikan oleh pemenang tender atau pengusaha kontraktor besar kepada kontraktor kecil. Bagi kontraktor besar ini tidak mungkin di kerjakan sendiri artinya mereka sebagai koordinator atau perancang maka kontraktor kecil ibarat kernet nya atau kuli nya.

Jadi,  biasanya kontraktor besar selalu punya partner kontraktor kecil begitu pula sebaliknya kontraktor kecil selalu menempel kontraktor besar. Terutama yang sering dapat proyek raksasa atau proyek empuk baik itu proyek pemerintah atau pun proyek swasta.

2. Menggali pengurugan dan menambal

Jenis pekerjaan menggali, pengurugan dan menambal adalah jenis pekerjaan yang oleh kontraktor besar atau pemenang tender yang hampir selalu di sub kan atau diberikan kepada kontraktor kecil.

Karena kontraktor besar tidak mau repot ke hal-hal yang semacam ini jadi cukup mengambil fee nya saja sisanya di berikan kepada usaha kontraktor kecil.  Setelah pekerjaan baik yang di gali, di urug maupun yang di tambal kalau memang ada maka setelah rapi bari pelaksanaan kontraktor besar yang inti dari proyek itu di kerjakan sendiri.

Itupun terkadang kuli- kuli nya masih minta bantuan tenaga dari kontraktor kecil agar sesuai target cepat selesai dalam batas waktunya. Jadi memang inilah keuntungan dari usaha kontraktor kecil kalau pandai-pandai dalam membaca dan cerdas dalam menyikapi usaha di dunia kontraktor.

Singkat kata tidak dapat tender karena tidak memenuhi persyaratan untuk ikut tender mengingat usah kontraktor nya kelasnya kecil, akan tetapi bisa dan cerdas menempel pemenang tender.

Baca juga 4 Tips dalam mencari Proyek

Dengan cara inilah yang tadi sudah kita bahas maka usaha kontraktor kecil akan langgeng maju dan berkembang kalau pandai dan cerdas menempel dan dekat dengan kontraktor besar yang banyak peluang dalam memenangkan setiap tender.

Inilah sekedar masukan buat usaha kontraktor kecil agar tidak sungkan-sungkan bahkan harus cerdas serta pintar dalam membaca situasi dan kondisi di dunia kontraktor sesuai dengan kemampuan serta kapasitas usahanya.

Dengan begitu maka usaha kontraktor kecil justru akan langgeng dan lancar karena siapapun pemenang tender nya tidak akan berpengaruh asal bisa mendekati dan menempel terus dengan kontraktor besar terutama yang memenangkan tender.

Sehingga dengan kedekatan serta pintar nya dalam menempel atau mendekati maka akan dapat atau kebagian usaha yang di sub kan dan yang memang dan tidak mungkin pekerjaan itu di kerjakan oleh kontraktor besar pemenang tender itu sendiri.

Demikian gambaran yang bisa kami berikan kepada usaha kontraktor kecil semoga dengan cara atau pendekatan semacam ini, kelak usaha anda walaupun hanya usaha kontraktor kecil akan lancar langgeng cepat maju dan berkembang dengan ramainya pekerjaan yang di berikan atau di sub kan oleh kontraktor besar yang memenangkan tender.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *