Usaha kontraktor bangunan ini gambarannya

Usaha Kontraktor Bangunan ini gambarannya

Berbagai macam usaha yang bergerak di dunia kontraktor beraneka ragam jenisnya dan klasifikasi nya, diantara dari banyaknya kontraktor itu, penulis akan membahas usaha kontraktor bangunan. Usaha kontraktor bangunan ini juga berbagi macam jenisnya ada yang kelas usaha kontraktor atas, menengah maupun kontraktor kecil yang kelasnya papan bawah.

Berikut dibawah ini penulis akan menggambarkan Usaha Kontraktor Bangunan sesuai dengan klasifikasi pekerjaannya.

Usaha kontrakan bangunan menurut klasifikasi nya adalah :

 

1. Usaha kontraktor bangunan Klasifikasi kelas Atas atau Besar

Usaha ini ijin usahanya juga jelas memakai SIUP (Surat Ijin Usaha Perdagangan) yang klasifikasi nya Besar dan perizinan lainnya.

Pekerjaan yang di kerjakan usaha kontraktor bangunan kelas besar atau atas seperti :

Membuat gedung bertingkat semacam apartemen, hotel berbintang, gedung perkantoran, perumahan real estate, rumah mewah dan villa mewah, dan lain-lain yang tergolong bangunan mewah dan besar serta dananya ratusan milyar bahkan triliunan.

Kontraktor inilah yang bisa mengerjakan sesuai dengan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) nya yaitu SIUP Besar serta ditunjang keahlian serta perizinan yang terkait lainnya.

Disamping mengerjakan proyek atau bangunan-bangunan seperti tersebut diatas usaha kontraktor bangunan ini juga bisa mengerjakan berbagai macam jembatan atau jalan tol dan proyek-proyek kelas kakap lainnya sesuai dengan klasifikasi bidang perizinan nya.

2. Usaha kontraktor bangunan klasifikasi kelas Menengah 

Usaha ini ijin usahanya juga menggunakan SIUP (Surat Usaha Izin Perdagangan) yang klasifikasi nya menggunakan SIUP Menengah.

Adapun pekerjaan usaha kontraktor bangunan kelas menengah ini meliputi :

Bangunan perumahan kelas biasa, Perumahan rakyat atau biasa dinamakan perumahan BTN, Bangunan Pasar, Bangunan sekolah-sekolah yang nominal nya belum mencapai triliunan atau kisaran nya sekitar 500 miliar kebawah yang intinya sudah diatur sesuai dengan klasifikasi perizinan nya.

Usaha jenis ini memakai SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) yang kelasnya Menengah di tambah perizinan dari instansi lainnya yang ada hubungannya dengan proyek atau jenis pekerjaannya.

Disamping mengerjakan proyek-proyek tersebut diatas usaha kontraktor bangunan jenis menengah ini juga bisa mengerjakan seperti pembuatan jalan-jalan yang bukan jalan protokol, Nasional atau tol jembatan yang sedang dan bangunan yang lainnya yang masih tergolong dan bisa di kerjakan oleh klasifikasi usaha dengan SIUP menengah ini.

3. Usaha kontraktor bangunan klasifikasi kelas kecil

Usaha jenis ini izin usahanya cukup menggunakan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) Kecil atau istilahnya SIUP Kecil dan tentunya ditambah dengan perizinan lainnya yang terkait dengan jenis dan kualifikasi pekerjaanya.

Pekerjaan apa yang bisa di kerjakan oleh usaha kontraktor bangunan kelas kecil ini, usaha kelas ini justru banyak dan penulis sudah membahasnya tersendiri di artikel yang berjudul ” Usaha Kontraktor Kecil” dimana usaha kontraktor kecil ini kala pandai dan pintar dalam membaca situasi dan kondisi serta dekat dan mepet dengan kontraktor besar apalagi kontraktor besar yang menang tender atau lelang proyek justru akan ramai pekerjaan dan cepat maju dan berkembang.

Adapun pekerjaan usaha kontraktor bangunan kelas kecil ini meliputi :

Pengurukkan, pemadatan dan pemerataan, membuat bangunan perumahan sangat sederhana atau RSS, jembatan di perkampungan, jalan-jalan atau gang di pedesaan dan lain-lain yang nominal nya dibawa seratus juta atau biasa di sebut pekerjaan atau proyek PL atau Penunjukan langsung atau usaha kontraktor kecil lebih ramai lagi kalau mau ngesub dari yang punya pekerjaan besar. Istilahnya subcont dari mencont yang mendapatkan proyek besar.

Demikian sekilas gambaran mengenai Usaha Kontraktor Bangunan dari jenis atau kualifikasi perizinan nya semoga artikel ini bermanfaat atau mengingatkan kembali secara global bagi yang baru mau terjun ke dunia bisnis khususnya di bidang kontraktor.  Selamat mencoba semoga usaha baru anda di bidang kontraktor sukses dan berhasil !!!

Baca juga :  Usaha kontraktor spesialis PLN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *