Usaha dunia dan akhirat

Usaha Dunia dan Akhirat

Berbagai macam dan ragam jenis usaha atau jenis bisnis namun semua itu orientasi nya hanyalah ingin maju dan berkembang serta mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya semata. Tidak jarang para pebisnis atau pengusaha yang memikirkan usaha untuk jenis usaha yang tergolong dalam Usaha Dunia dan Akhirat.  Namun demikian walau sedikit kita harus bersyukur, karena masih ada, dan masih mau untuk  Usaha dunia dan akhirat,  disini maksudnya usaha yang bisa mendapat keuntungan dan bermanfaat untuk kehidupan baik di dunia dan juga bisa di bawa untuk bekal kelak di akhirat di kala kita telah tiada nantinya.

Apakah yang di maksud usaha dunia dan akhirat ?

 

1.  Usaha Perjalanan Haji dan Umrah

Jenis usaha ini kalau di jalankan dengan benar maka insya Alloh akan barokah dan usaha ini jenis usaha yang tergolong usaha untuk dunia dan akhirat. Kenapa demikian karena di dunia membantu orang dan mempekerjakan banyak orang dan di dunia jenis usaha umrah dan naik haji merupakan ibadah yang pahalanya buat bekal di akhirat nantinya.

Baca juga  :  Merawat Bisnis atau usaha dan kepercayaan

Usaha perjalanan haji dan umrah juga merupakan usaha yang subur dan berkah karena sudah barang tentu tiap bulannya pasti ada yang umrah dan yang pasti setiap tahun itu pasti banyak sekali yang naik haji, jadi usaha jenis ini jelas-jelas merupakan usaha dunia dan akhirat.

2.  Yayasan Yatim Piatu, Pantai Jompo dan Kaum Duafa

Usaha lain yang di maksud usaha dunia akhirat selain usaha perjalanan haji dan umrah yaitu usaha dengan membuka atau mendirikan Yayasan Yatim Piatu, Pantai Jompo dan Kaum Duafa.

Usaha ini juga merupakan usaha dunia dan akhirat karena di dunia sudah tentu dapat manfaat dan keuntungannya kalau di jalankan dengan benar dan betul, di akhirat nya sudah tentu dapat pahala karena ini termasuk kerja sosial yang sifatnya banyak menolong orang.

Oleh karena itu Baik Pemerintah dalam hal ini Kementerian atau pun Departemen Agama dan Departemen Sosial baik di Pusat maupun daerah menganjurkan agar mengelola sebuah Yayasan tersebut diatas dengan sebenar-benarnya dan sebaik-baiknya agar dapat di rasakan dan bermanfaat bagi yang memang membutuhkan.

3.  Mendirikan Pondok Pesantren dan Pendidikan Agama.

Usaha dunia akhirat yang lain selain yang kedua tersebut diatas yaitu dengan mendirikan Pondok Pesantren dan Pendidikan Agama.

Karena sudah barang tentu bahwa dengan mendirikan pondok pesantren maka akan banyak santri yang belajar mengaji serta pendidikan agama serta yang lainnya di Pondok Pesantren tersebut dan dengan sendirinya pembayaran yang di berikan oleh para wali santri termasuk pemasukan usaha untuk dunianya.

Baca juga :  Dunia usaha untuk Pemula

Dan ilmu yang di berikan oleh para Kyai maupun Ustad insya Alloh akan dapat pahala yang tak ternilai dan usaha jenis ini sudah barang tentu usaha yang tergolong dalam usaha dunia dan akhirat.

Demikian yang bisa penulis sampaikan lewat artikel yang di beri judul “Usaha dunia dan Akhirat” semoga dapat bermanfaat buat kita semua dan wabil khusus terutama buat kaum muslimin dan muslimat yang tahu akan masa depan anak-anaknya.

Wassalamualaikum wr wb, Adijawa Solusi (Penulis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *