tips usaha bidang pelayaran

Tips usaha di bidang Pelayaran

Dunia bisnis atau usaha memang sangat menggiurkan terutama kalau yang permodalan nya tebal apalagi kalau ada donatur di belakangnya.  Sebagai gambaran kalau kita permodalan nya tebal atau kalau ada donatur pendana di belakang kita, salah satu yang peluangnya sungguh besar dan menjanjikan itu bisnis atau usaha di bidang Pelayaran.

Jenis usaha di bidang Pelayaran :

 

Berbagai macam Jenis usaha di bidang pelayaran diantaranya, pelayaran internasional, pelayaran domestik, pelayaran pesiar maupun pelayaran mencari ikan dan pelayaran spesialis kargo.  Ini semua tergantung mau kemana minat usaha kita sesuai dengan kemauan serta bidang yang kita kuasai.

Karena usaha yang tidak mengenal ilmunya nantinya akan kebingungan dan sia-sia, untuk itu bidang usaha pelayaran mana yang akan kita jalani hendaknya di sesuaikan dengan ilmu atau bakat yang kita miliki.

Berikut ini jenis pilihan usaha pelayaran yang perlu anda pahami sebelum memulai buka usaha atau bisnis di dunia pelayaran antara lain :

 

1.Pelayaran Internasional

Usaha jenis ini merupakan usaha yang jangkauannya luas dan memerlukan modal yang luar biasa, karena perizinan nya pun nantinya menyangkut dengan peraturan di negara lain.

Maklum Pelayaran Internasional merupakan jenis usaha yang berhubungan dengan Manca negara atau negara lain dan pelayaran internasional juga berbagai macam jenisnya untuk itu perizinan sungguh sangat di per ketat mengikuti aturan dari negara yang bersangkutan juga.

Selain pelayaran penumpang walau jarang karena sekarang karena lebih efisien maka kebanyakan di dominasi memakai pesawat, tapi yang lebih laku adalah pelayaran internasional untuk segala macam pengiriman barang atau kargo.

2. Pelayaran Domestik

Pelayaran ini lingkup kerjanya masih di kawasan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan perizinan nya juga tidak terlalu repot karena masih wilayah kita sendiri.

Pelayaran domestik yang orang biasa menyebutnya pelayaran antar pulau atau antar provinsi bahkan antar kota ini masih ramai penumpang untuk orang disamping tentunya melayani pengiriman barang juga.

Akan tetapi pelayaran domestik ini kebanyakan masih di dominasi melayani orang atau manusia dari satu pulau ke pulau yang lain atau dari antar kota ke kota yang lain masih dalam wilayah Republik Indonesia.

Apalagi kalau hari-hari tertentu sangat antri dan membludak seperti hari raya, tahun baru bahkan hari libur panjang lainnya.

3. Pelayaran Pesiar

Lain pelayaran nasional lain pula pelayaran pesiar, Pelayaran Pesiar yaitu pelayaran yang ijin nya hanya khusus untuk melayani atau carter spesialis untuk pesiar atau keperluan yang sifatnya bertamasya, melancong atau menjadi turis.

Hal ini sesuai dengan perizinan nya, hanya saja wilayahnya tergantung izinnya mau pelayaran Pesiar Nasional atau Internasional akan tetapi fungsinya sama melayani para turis atau siapa saja baik sesuai tarif maupun carter yang tujuannya mau rekreasi atau bertamasya.

Pelayaran jenis ini akan ramai kalau masa liburan atau libur panjang seperti hari sabtu dan minggu atau tanggal merah, tetapi sebaliknya kalau hari raya agak sepi karena kebanyakan pada mudik dan belum mulai rekreasi.

Ramainya malah kadang kalau tahun baru atau ada yang ulang tahun baik di kantornya maupun ulang tahun sendiri atau pimpinannya, terkadang mereka sewa atau carter kapal pesiar ini.

4. Pelayaran Pencari ikan

Jenis usaha pelayaran ini hanya khusus pelayaran yang kapal nya spesialis mencari ikan.  Dan perizinan nya pun khusus kapal untuk mencari ikan baik ke luar negeri maupun dalam negeri atau domestik di kawasan Republik Indonesia.

Jenis usaha Pelayaran pencari ikan ini sangat ramai karena masyarakat Indonesia dari dulu jaman nenek moyangnya itu Pelaut.  Jadi jangan heran kalau para pelaut di Indonesia sangat banyak terutama yang tinggal di pinggir pesisir dan pantai pasti kebanyakan menjadi pelaut ikan atau lebih di kenal nya dengan sebutan Nelayan.

Apa itu Nelayan ?

Nelayan adalah seseorang yang pekerjaannya ke laut untuk mencari ikan.  Untuk itu jenis usaha di pelayaran dengan kapal pencari ikan betul-betul menjadi idola masyarakat yang hidupnya di pinggiran laut atau pantai sampai sekarang.

5. Pelayaran Kargo

Yang terakhir usaha atau bisnis di dunia Pelayaran yaitu buka usaha Pelayaran Kargo.  Pelayaran Kargo ini spesial melayani pengiriman batang-barang baik domestik maupun ekspor atau impor.

Penjelasannya sudah jelas dan penulis sudah pernah memaparkan apa itu domestik, impor maupun ekspor. Kalau kurang jelas silahkan hubungi adi jawa solusi

Baca juga : domestik, impor maupun ekspor.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *