Awas pungli !!!

Pelayanan di Instansi Pemerintahan : Tidak di Pungut Biaya apapun

Sering kita mendengar di segala macam Instansi kata-kata tidak di pungut biaya apapun atau gratis, ini teorinya tapi pada praktek nya ini hanya slogan atau omong kosong belaka. Kenapa demikian karena ternyata itu hanyalah teori belaka atau pe manis saja mengingat kalau kita tidak memberikan sesuai dengan slogan itu apapun keinginan atau tujuan kita tidak akan sampai atau kalau toh sampai sangat jarang atau langka.

Sering di jumpai di mana kata-kata Tidak di Pungut Biaya apapun ?

 

1. Pelayanan di Instansi Pemerintah

Setiap kita mengurus perizinan atau suatu apapun Pelayanan Instansi di Pemerintahan sering kita jumpai tulisan tidak di pungut biaya apapun, namun demikian abaikan saja tulisan itu ini hanya saran apabila kita hendak mengurus surat itu atau perizinan yang sifatnya buru-buru atau mendesak, akan tetapi kalau yang santai ya bolehlah kata-kata itu kita pakai mengingat kita santai di perlukan nya surat yang sedang kita urus.

Ini bukan rahasia umum lagi bahwa mental para pegawai kita itu mutunya cuma segitu atau memang masih kurang gaji atau tunjangan lainnya sehingga melibatkan serta makin suburnya praktek-praktek atau cara itu yang lebih di kenal dengan sebutan praktek di bawah tanah.

Memang sulit di buktikan akan tetapi ini nyata pada dasarnya kenapa demikian karena kedua-duanya baik si pengurus perizinan atau surat maupun pegawai atau petugas nya sama-sama membutuhkan. Yang mengurus butuh surat atau perizinan cepat selesai dan petugas atau pegawainya butuh imbalan dan ini bukan rahasia lagi walau tertera atau tercantum tulisan yang besar berbunyi tidak di pungut biaya apapun atau gratis.

Akan tetapi maaf bukan mengecilkan yang lainnya di DKI (Daerah Khusus Ibu Kota) Jakarta setelah ada PTSP (PelayananTerpadu Satu Pintu) mulai agak berkurang praktek atau cara-cara seperti tersebut diatas, semoga bisa ditiru oleh Daerah-daerah yang lainnya dan harapan kita justru seharusnya di mulai dari Pemerintah Pusatnya, dan berikan sanksi yang berat bagi petugas atau Pejabat yang masih berani melakukannya.

2. Pendaftaran TNI/ POLRI atau CPNS

Dan maaf bukan rahasia umum lagi juga tulisan tidak di pungut biaya apapun atau Gratis juga ada di setiap Pendaftaran TNI-POLRI atau pun CPNS. Akan tetapi sekali lagi itu hanya tulisan atau slogan saja, dan anehnya kalau ada yang melaporkan atau yang protes para petugas atau pejabat ini marah dan tidak terima malah justru lucunya terkadang melapor balik.

Baca :  Media sosial sarana komunikasi yang cepat dan cepat

Aneh dan ajaib memang, mengapa demikian kalau kita amati bahwa orang yang tidak puas sampai melapor atau protes tujuannya biar sistem nya di perbaiki bukannya terima kasih di berikan masukan malah marah. Ini yang masih bercokol kelompok atau golongan yang kuat itu berkuasa.

Sehingga dalam penerimaan CPNS, TNI maupun POLRI maaf tidak bisa di pungkiri masih ada saja cara-cara atau praktek KKN walau memang biar samar atau tidak mencolok masih ada yang benar-benar lolos atau di terima murni tapi itu jarang sekali yang banyak di terima ya yang kerabat atau wani piro (istilah orang Jawa bilang).

Padahal jaman sudah berubah dan rejim sudah berganti ayo dukung dan laksanakan slogan tidak di pungut biaya apapun atau gratis ini, kalau ini benar-benar di jalankan oleh petugas yang bersangkutan atau yang berwenang bukan tidak mungkin dan insya Alloh negara Republik Indonesia akan cepat maju dan berkembang tidak kalah dengan negara-negara lainnya dalam hal pelayanan.

Untuk itu lagi-lagi kembali ketegasan Pemimpin di uji keberaniannya, harapan kita selalu masyarakat semoga praktek atau cara-cara yang kurang terpuji seperti diatas bisa diatasi sehingga semakin berkurang syukur bisa sirna dari bumi pertiwi ini, walaupun itu kayanya hal yang mustahil akan tetapi kalau Alloh berkehendak apapun pasti bisa atau terjadi.

Baca juga :  Mengapa tidak terbuka dalam berbisnis

Demikian sekilas tentang slogan yang sama-sama sering kita baca dan jumpai yaitu “tidak di pungut biaya apapun” semoga tidak jauh dari kenyataan dan maaf jangan tersinggung bagi petugas atau pejabat yang masih belum sembuh dari praktek atau memakai cara-cara tersebut diatas.

Harapan kita semoga lama-kelamaan slogan tidak di pungut biaya apapun ini bisa menjadi kenyataan sehingga masyarakat akan merasa damai dan nyaman dengan pelayanannya.

Terima kasih dan Wassalam wr wb Penulis :  Adi Kejawen (Kerukunan Jawa Tulen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *