Sarat import barang dari luar negeri

Syarat Impor barang dari Luar Negeri

Tata laksana Kepabeanan khususnya Impor memang sudah diatur dalam Undang-Undang Kepabeanan, oleh karena itu impor barang dari luar negeri juga ada syaratnya. Dan begitu ketat tapi tidak mempersulit asalkan barang yang di impor jelas bukan barang larangan maka semua barang dari luar negeri bisa diimpor ke Indonesia.

Berbagai macam barang yang di impor dari luar negeri terutama bahan baku yang sangat di butuhkan oleh pabrik-pabrik yang ada di Indonesia dan juga barang jadi yang mungkin memang tujuannya untuk di jual lagi di Indonesia.

Syarat impor barang dari luar negeri :

a. Bukan barang yang di larang 

Barang-barang yang dilarang seperti, bom, peluru, senjata atau binatang yang di lindungi oleh negara atau yang lain-lainnya semua ada di dalam buku panduan nya.

b. Bukan barang larangan

Sedangkan barang larangan seperti jenis Narkotika, sabu-sabu dan sejenisnya yang memang terang-terangan dan nyata-nyata dilarang oleh Pemerintah Indonesia bahkan semua negara-negara di dunia ini melarangnya.

Sepanjang itu bukan barang larangan yang tentunya telah di atur oleh Undang-Undang Kepabeanan tadi dan harus telah di bayar Biaya Bea Masuk nya sesuai Tarif Pos serta pajak-pajak lainnya, maka barang itu boleh masuk ke Indonesia.

Oleh karena itu Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) dan Instansi yang terkait selalu waspada dan ekstra berhati-hati dalam mengawasi barang impor walaupun sudah ada Undang-Undang nya serta tata laksana Kepabeanan nya tapi namanya waspada ketat harus di terapkan namanya juga jaga-jaga untuk mencegah dan mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti penyelundupan barang-barang yang di larang atau memang bukan barang larangan.

c. Harga tidak boleh jatuhkan pasaran

Dan ada juga aturan tambahan yang diterapkan Pemerintah Indonesia yaitu barang yang diimpor harga tidak boleh menjatuhkan pasaran atau harga barang atau produk dari dalam negeri atau Pemerintah Indonesia.

Hal ini supaya pasar tetap stabil dan persaingan terasa sehat tinggal bersaing di mutu atau kualitas saja, dan satu hal lagi demi menjaga produsen lokal atau dari Indonesia supaya jangan terlalu banjir produk impor menguasai pasar di Indonesia sehingga produk dari Indonesia jadi layu dan lama-lama mati atau tutup.

Hal inilah makanya Pemerintah untuk menjaga ini semua perlu adanya pengawasan serta pembatasan barang impor. Impor barang dari luar negeri, tiap tahunnya makin bertambah seiring dengan pertumbuhan ekonomi serta perkembangan teknologi.

Info tambahan :

Dan perlu di ketahui impor barang dari luar negeri, di samping ada yang ketat ada juga yang di per mudah atau di tangguhkan maupun di bebaskan bea masuknya. Semua itu sudah ada aturan serta Undang-Undang nya dan Petugas dalam hal ini DJBC (Direktorat Jenderal Bea dan Cukai) bersama Instansi terkait lainnya hanya menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan apa yang telah diatur dalam Undang-Undang Kepabeanan itu tadi, dan mungkin ditambah peraturan tambahan sesuai dan mengikuti perkembangan jaman.

Demikian penjelasan tentang Impor barang dari luar negeri, semoga bisa untuk dijadikan pedoman atau panduan awal dalam rangka mengimpor barang.

Baca juga :  Cara impor barang dari China

Semoga tulisan ini bermanfaat agar kita tidak keliru atau tidak salah dalam melangkah, karena memang impor barang dari luar negeri memang ketat pengawasan nya tapi juga ada yang dipermudah juga tergantung jenis dan jumlah serta kegunaan barang impor itu sendiri. Selamat mencoba mengimpor barang dari luar negeri bila memungkinkan dan silahkan mencoba karena ini salah satu usah yang menjanjikan.

Baca juga selengkapnya: Usaha Impor barang yang sudah pernah saya tulis !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *