PT. Racmad Djasa dan Star Ekspress

PT. Rachmad Djasa satu di antara sekian Perusahaan PPJK di Tanjung Priok.

Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan atau di singkat PPJK adalah Jenis Pengusaha Jasa yang salah satu tugasnya atau pekerjaannya membantu dalam hal Pembuatan dokumen baik Impor maupun Ekspor.  Tugasnya menghubungkan secara langsung dengan Pihak Bea dan Cukai selaku Aparatur yang di beri kewenangan oleh Undang-Undang Kepabeanan Nomor 10 tahun 1995 dan diperbarui lagi UU Kepabeanan No. 17 tahun 2006 untuk memonitor dan membuat kebijakan mengenai pemberitahuan atau informasi tentang Tata laksana barang Impor atau ekspor yang mau di keluarkan atau di kirim dengan memakai perangkat sistem Komputerisasi yang sudah di atur dalam Undang-Undang Kepabeanan. PT. Rachmad Djasa adalah satu di antara Perusahaan PPJK di Tanjung Priok yang bergerak di bidang tersebut karena sudah mempunyai standar Persyaratan yang di tetapkan sesuai dengan Undang-Undang Kepabeanan oleh Pemerintah dalam hal ini yaitu Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Siapakah PT. Rachmad Djasa itu ?

 

PT. Rachmad Djasa atau biasa di singkat Radja adalah Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan yang biasa di singkat PPJK yang dulunya terkenal dengan sebutan EMKL atau Ekspedisi Muatan Kapal Laut yang tugasnya membantu dengan imbalan jasa sebagai inklaring atau mengurus jasa pengeluaran barang Impor maupun impor di mana cara kerjanya sudah tertuang atau di atur dalam dan sesuai Undang-Undang Kepabeanan yang yang berlaku yang di Keluarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Banyak Pengusaha EMKL atau PPJK selain PT. Rachmad Djasa yang dulunya bernama PT. Derajat Utama dimana Pemiliknya yaitu H. Sopyan Oesman yang sekarang merupakan rekan bisnis atau Partner dari Penulis artikel ini, ada juga PT. Restu Makmur maupun PT. Star Express atau PT. Star Ekspresindo Utama yang di Pimpin oleh Adi Sucipto, S. IP atau Penulis artikel ini sendiri dan lain-lain sebagainya masih banyak lagi Pengusaha PPJK atau EMKLdi Pelabuhan Tanjung Priok ini.

Baca juga :  7 langkah agar cepat sukses Usaha di Pelabuhan

Jenis usaha lainnya yang bisa di jalankan atau di lakukan oleh PPJK (Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan) maupun EMKL (Ekspedisi Muatan Kapal Laut) tersebut.

Selain Jasa pembuatan PIB (Pemberitahuan Impor Barang) maupun PEB (Pemberitahuan Ekspor Barang) adalah mengerjakan pengeluaran impor barang barang maupun proses ekspor barang-barang yang mau di kiri ke luar Negeri atau pun Domestik atau Pengiriman antar Pulau dengan imbalan jasa yang sudah di sepakati dengan Pemilik barangnya dalam hal ini kalau Impor biasa di nama kan Importir kalau Ekspor biasa di sebut Eksportir.

Dan sebagai panduan kerjanya sudah tertuang serta di atur dalam Undang-Undang Kepabeanan Nomor 17 Tahun 2006 yang masih berlaku dan di keluarkan oleh Pemerintah beserta aturan tambahan nya kalau ada dalam hal ini Pelaksanaan nya yaitu Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dan Instansi Lainnya yang terkait seperti Karantina, Badan Pom, BNN, Perdagangan, Perindustrian dan lain-lain yang ada hubungannya dengan barang yang mau di Ekspor maupun Impor.

Dengan di bantu dengan Instansi terkait maka Tugas Bea dan Cukai yang peran dan kewenangan nya di bidang Kepabeanan ini sangat mutlak maka akan terbantu sehingga dapat mengurangi atau mencegah hal-hal yang sering di lakukan oleh Importir dalam kaitannya dengan Impor nya maupun Eksportir yang maaf nakal baik di lakukan sendiri maupun bekerja sama dengan pihak lain bisa PPJK atau EMKL nya maupun dengan Oknum Petugas dalam hal ini Aparatur atau Pegawai Bea dan Cukai itu sendiri.

Makanya dalam artikel sebelumnya Penulis mengusulkan lewat Artikel sebelumnya yang  di beri judul Perlu adanya Pengawasan Kinerja Bea dan Cukai Tanjung Priok tidak ada maksud lain hanya untuk mengingatkan agar bisa berkurang praktik-praktik hal semacam ini.

Dimana memang betul-betul sangat merugikan Pemerintah dalam hal Pemasukan ke Kas Negara sehingga kalau di tanggapi secara di respon secara positif dan bijak masukan dari Penulis yang kebetulan juga memang seorang Ahli Kepabeanan dengan bersertifikat yang sudah di Keluarkan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai serta seorang Pengusaha PPJK atau EMKL sebagai Komisaris dari PT. Star Express ini sangat bagus untuk bisa di tindak lanjuti oleh Pihak terkait demi Pencegahan hal-hal yang tidak sama-sama kami inginkan bersama.

Demikian sekilas artikel tentang “PT. Rachmad Djasa satu di antara sekian Perusahaan di Tanjung Priok” semoga ada manfaatnya dan mohon maaf masih banyak kekurangannya.

Terima kasih Wassalamualaikum wr wb, AS (Pengusaha PPJK) – Penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *