Pemimpin yang Adil

Di sebuah rumah tangga, masyarakat negara maupun perusahaan atau tempat usaha pun sangat di butuhkan dan di perlukan Pemimpin yang adil.  Karena dengan pemimpin yang adil maka sudah barang tentu keadilan akan terasa ada dan hidup disamping kenyamanan serta contoh tauladan yang sudah barang tentu akan baik dan terpuji.

Untuk itu dimanapun kita berada baik di tempat usaha, di dalam keluarga, dilingkungan masyarakat baik dati tingkatan yang terendah lingkungan RT (Rukun Tetangga) maupun lingkungan yang terbesar sekalipun atau negara perlu dan sangat dibutuhkan pemimpin yang adil.

Berikut di bawah ini ciri-ciri Pemimpin yang Adil :

 

1.Jujur dan bijaksana

Jujur dan bijaksana adalah salah satu ciri seorang pemimpin yang adil, untuk itu kita betul-betul harus mencari dan jangan salah untuk memilih pemimpin yang adil dan punya sifat jujur dan bijaksana.

Karena jujur dan bijaksana adalah modal yang harus ada pada seorang pemimpin.  Dengan jujur kita semua akan makmur dan saling terbuka antara yang satu dengan lainnya dan dengan bijaksana maka tidak ada pilih kasih.

Jadi sifat inilah yang harus ada dan melekat pada seorang pemimpin yang adil yaitu salah satunya sifat jujur dan bijaksana.

2. Rendah hati dan Amanah

Seorang pemimpin yang adil disamping jujur dan bijaksana tentunya dan yakin selalu bersikap rendah hati dan amanah, karena ini sifat yang baik dan terpuji bagi seorang pemimpin yang harus di punyai atau dimiliki.

Dengan sikap rendah hati dan amanah inilah maka seorang pemimpin yang adil tadi akan bisa dan selalu memimpin dengan bauk terpuji dan tidak sombong serta selalu menyampaikan aspirasi yang dipimpinnya karena itu merupakan amanah yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa yang nantinya kelak akan di per tanggung jawabannya.

Semua itu ia sadari makanya selalu bersifat rendah hati dan amanah dalam menjalankan roda kepemimpinan nya karena tahu kelak nantinya  akan di per tanggung jawab kan di hadapan sang PenciptaNya.

3. Sopan dan Santun

Ciri berikutnya seorang pemimpin yang adil yaitu sudah barang tentu, harus  serta memiliki sifat dan kepribadian yang sopan dan santun.

Sopan santun adalah ciri orang yang rendah hati dan amanah, jujur serta bijaksana ini semua kalau ada pada jiwa seorang pemimpin,  insya Alloh yang keluarga, lingkungan maupun tempat usaha yang dipimpinnya akan cepat maju makmur dan sejahtera.

Untuk itu sikap sopan dan santun ini harus selalu kita terapkan bukan hanya pada diri seorang pemimpin saja tapi juga untuk kita semua,  agar hidup dan kehidupan di masyarakat terasa semakin kekeluargaan dan bertambah harmonis.

4. Berani dan bertanggung jawab

Seorang pemimpin yang adil juga harus berani dan bertanggung jawab, kalau sifat ini di punyai atau didapat pada diri seorang pemimpin maka akan lancar dan aman serta nyaman.

Berani dan bertanggung jawab harus melekat pada diri seorang pemimpin agar kewibawaan tetap terjaga dan tidak ada yang berani mengusik atau mengganggu. Untuk itu pemimpin harus berani menghadapi segala macam masalah atau kendala-kendala serta bertanggung jawab dengan apa yang telah di lakukan atau di perbuat.

5. Rela berkorban 

Dan ciri terakhir selain empat ciri yang sudah penulis jabar kan diatas, seorang pemimpin yang adil yaitu harus mau serta rela berkorban demi kepentingan orang banyak atau yang di pimpin nya.

Jika ini dimiliki oleh para pemimpin kita baik dari pemimpin keluarga, lingkungan terendah sampai ke lingkungan yang teratas yaitu pemerintahan maka tidak ada lagi yang kelaparan, kesusahan maupun kekurangan karena pemimpinnya rela berkorban demi yang dipimpinnya.

Untuk itu seorang pemimpin yang adil,  disamping harus jujur dan bijaksana, rendah hati dan amanah, juga  harus sopan dan santun serta berani bertanggung jawab serta harus mau atau rela berkorban demi kepentingan orang banyak atau masyarakat yang dipimpinnya.

Dengan demikian pemimpin itu benar-benar baru bisa di katakan sebagai seorang Pemimpin yang adil, karena telah memenuhi ciri-ciri tersebut diatas.

Demikian ciri-ciri Pemimpin yang adil, semoga artikel ini bisa menjadi wawasan atau masukan untuk kita semua nantinya,  dalam memilih dan menentukan seorang pemimpin agar kita nantinya tidak salah dalam memilih nya !!!

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *