Modal usaha di pelabuhan

Modal usaha di Pelabuhan

Sebagai pengusaha yang cerdas pelabuhan adalah tempat usaha yang empuk dan strategis. Empuk dalam arti enak buat usaha karena cepat menguntungkan dan strategis karena pelabuhan itu tempat transaksi keluar masuknya barang dan tempatnya juga mudah terjangkau. Tinggal bagaimana cara memulainya maka diperlukan modal usaha untuk usaha di pelabuhan.

Modal usaha di Pelabuhan :

 

a. Mencari Lapak atau Tempat

Langkah pertama untuk modal usaha di pelabuhan yaitu  mencari lapak atau tempat,  artinya sebelum mulai usaha di pelabuhan kita perlu mencari lapak atau tempat buat usaha.  Karena kalau sudah dapat lapak atau tempat untuk usaha, tinggal mau usaha apa karena banyak pilihan sesuai dengan selera kita,  setelah  yang terpenting langkah pertama yaitu mencari lapak atau tempat sudah didapat.

Berbagai macam pilihan usaha di pelabuhan kalau lapak atau tempat sudah di dapat  sesuai dengan keuangan maupun selera usaha kita seperti : usaha Pergudangan, bongkar muat, pelayaran baik internasional maupun lokal, penyewaan alat-alat berat, cargo ekspor, impor dan domestik, kantin atau warung dan lain-lain.

b. Keuangan yang cukup

Setelah lapak atau tempat sudah di dapat tinggal modal berikutnya yaitu modal keuangan yang cukup.  Dengan adanya modal berupa uang kita bisa mengukur kemampuan kita mau usaha apa yang cocok dan cukup dengan keuangan kita.

Oleh karena itu kita harus cerdas dan pandai dengan uang untuk modal yang mau kita pakai, tepatnya  agar mencukupi buat usaha apa nantinya. Hal ini kita harus cerdas dan paham , agar nantinya usaha tidak berhenti di tengah jalan, hanya kekurangan modal uang.

Seandainya uang kita besar maka tidak ada salahnya kita buka usaha pelayaran, atau usaha bongkar muat. Tapi kalau usaha kita sedang cukup buka jasa pelayanan cargo impor, ekspor atau domestik maupun pergudangan.  Akan tetapi kalau modal keuangan  kita kecil tidak ada salahnya kita mencoba buka kantin atau warung.

Yang kesemuanya ini, apapun jenis usaha di pelabuhan kalau di kelola dengan benar dan sungguh-sungguh bisa cepat menghasilkan keuntungan.

c. Modal SDM (Sumber Daya Manusia)

Setelah mendapatkan lapak dan tempat serta permodalan yang cukup maka tidak kalah pentingnya SDM atau sumber daya manusia adalah modal yang tidak bisa dianggap sepele.

Karena dari modal SDM atau sumber daya manusia yang mumpuni maka kita bisa menata atau mempunyai management yang kuat sehingga akan kuat juga usaha kita nantinya.

Dengan management yang rapi, baik dan kuat serta tertata karena memang SDM (sumber daya manusia) nya yang baik pula, maka insya Alloh usaha yang kita rintis nantinya akan cepat tumbuh dan berkembang. Sehingga tercapai apa yang kita inginkan yaitu keuntungan yang melimpah.

d. Marketing yang Handal dan Modern

Artinya disamping modal diatas yang sudah kita paparkan satu-persatu, maka marketing yang handal  dan modern juga merupakan modal yang tidak kalah pentingnya untuk memulai buka usaha atau bisnis di pelabuhan.

Karena dengan sistem marketing yang handal dan modern, maka sudah tentu usaha yang baru di rintis di pelabuhan nantinya bisa sesuai target dan pas sasarannya, semua ini karena sumber daya manusianya yang mumpuni, baik dan cerdas sehingga mampu menyusun dan membuat marketing yang handal dan modern cara berfikir serta melangkah nya.

Demikian modal usaha di pelabuhan yang perlu diketahui, sebelum membuka usahanya. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut diatas semoga tidak salah langkah dalam rencana memulai usaha di pelabuhan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi calon pengusaha yang minat untuk membuka usaha di pelabuhan,  selamat mencoba insya Alloh berhasil.

Apabila ada kesulitan untuk hal-hal tersebut diatas,  dengan senang hati penulis siap membantu dan hubungi di adijawa solusi

Baca juga : Modal usaha di Bandara

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *