Modal usaha di bandara

Modal usaha di Bandara

Bandara adalah salah satu pusat sentral kegiatan ekonomi selain pelabuhan.  Karena bandara juga merupakan kegiatan keluar masuknya barang baik dari dalam negeri mau dikirim keluar negeri (ekspor) maupun sebaliknya yang masuk dari luar negeri (impor).   Untuk bisa memulai bisnis atau usaha di bandara tidak sedikit kita harus mengeluarkan modal.

Memang persaingan usaha bisnis di bandara juga di pelabuhan sungguh ketat dan berebut, maka diperlukan modal usaha di bandara yang cukup besar,  karena hampir semua yang tahu dan menggeluti dunia bisnis, pasti ingin buka usaha di bandara.

Modal usaha di bandara tidak jauh berbeda dengan di pelabuhan yaitu :

 

1.Lokasi atau Tempat

Karena saling berebut untuk membuka usaha di bandara bagi yang tahu dan paham betul akan bisnis di bandara, maka langkah yang paling utama adalah mencari lokasi atau tempat.

Lokasi atau tempat perlu kita cari terlebih dahulu sebelum kita melangkah ke berikutnya, mengapa demikian ?

Usaha di bandara semua memakai gerak ekspres atau segala sesuatunya kerja cepat.

Mengingat persaingan sungguh berat dan ketat karena usaha di bandara sangat menjanjikan keuntungannya dan menggiurkan oleh karena itu kalau sudah mendapatkan tempat berarti langkah pertama atau modal awal sudah selamat, karena sudah di dapat.

2. Pendanaan berupa uang

Setelah langkah pertama sudah kita dapat yaitu lokasi atau tempat, maka modal berikutnya yaitu pendanaan yang berupa uang atau finansial.

Tidak sedikit memang uang yang harus kita keluarkan untuk buka usaha di bandara, kalau modal uang kita sungguh fantastis dan banyak maka usaha penerbangan baik, penerbangan internasional maupun domestik sungguh sangat menggiurkan dan menjanjikan.

Akan tetapi kalau modal kita tanggung atau menengah maka usaha Jasa Kepabeanan seperti jasa impor, ekspor dan domestik juga lumayan besar keuntungannya atau jasa pergudangan dan angkutan juga tidak kalah bagus juga peluangnya.

Kalau modal kita cekak atau pas-pasan jangan terkecil hati, karena kita sudah punya lokasi atau tempat tadi maka jasa rumah makan atau kantin juga ramainya luar biasa dan jangan dianggap remeh usaha dagang di bandara baik dagang makanan, minuman, rokok maupun alat-alat tulis kantor dan lain sebagainya untungnya juga luar biasa.

Mengapa demikian karena harganya cukup lumayan mahal mengingat tidak ada saingan dan pembelinya terdesak karena tidak ada pilihan lain dan memang emergency di butuhkan. Karena di bandara semua kegiatan maupun pekerjaan serba cepat maka pedagang apapun demi waktu yang cepat dan efisien pasti laris diserbu pembeli.

3. Sumber Daya Manusia dan Management

Setelah dua modal diatas terpenuhi maka modal terakhir yang diperlukan untuk mulai bisnis atau usaha di bandara adalah sumber daya manusia dan management.  Karena SDM (sumber daya manusia) serta management yang bagus nantinya akan menopang dalam usaha kita.

Tidak jauh berbeda dengan modal usaha di pelabuhan, modal usaha di bandara maupun modal usaha dimana saja sumber daya manusia dan management adalah hal yang penting karena sebuah usaha kalau tidak di kelola oleh ahlinya maka dan management nya kurang rapi maka tidak pernah akan maju bahkan bisa hancur atau tidak berkembang.

Untuk itu jangan dipandang enteng, ini menyangkut usaha dalam merekrut tenaga kerja atau yang akan menjalankan usahanya betul-betul sumber daya manusianya sudah teruji dan managementnya juga sudah tertata rapi.

Demikian sekilas gambaran tentang modal usaha di bandara, hampir tidak ada bedanya dengan di pelabuhan atau di tempat-tempat  lainnya hanya saja di bandara semua kegiatan atau pekerjaan bergerak atau berjalan serba cepat.

Baca : Modal usaha di Pelabuhan

Semoga artikel ini bermanfaat, selamat mencoba usaha di bandara insya Alloh sukses. Siapa cepat siapa dapat itu motto yang cocok untuk usaha di bandara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *