Menuju damai menjelang Pemilu 2019

Menuju Damai menjelang Pemilu 2019

Sebagai manusia awam yang kurang memahami betul seluk-beluk dunia perpolitikkan,  akan tetapi selalu mengikuti dengan cermat perkembangan perpolitikan Nasional  menjelang Pemilu Legislatif 2019,  baik lewat media cetak,  media elektronik,  maupun media lainnya.  Dengan penuh harapan semoga,  menuju damai menjelang Pemilu 2019 bisa terwujud,  sehingga masyarakat tidak perlu ada rasa khawatir atau was-was.

Perlu diingat berikut 12  Partai Politik Peserta Pemilu (Pemilihan Umum) pada tahun 2014 :

  1. PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan)
  2. Partai Golkar (Golongan Karya)
  3. Partai Gerindra (Gerakan Indonesia Raya)
  4. Partai Demokrat ( PD )
  5. PAN (Partai Amanat Nasional)
  6. PKS (Partai Keadilan Sejahtera)
  7. PKB (Partai Kebangkitan Bangsa)
  8. PPP (Partai Persatuan Pembangunan)
  9. Partai Nasdem (Nasional Demokrat)
  10. Partai Hanura (Hati Nurani Rakyat)
  11. PBB (Partai Bulan Bintang)
  12. PKPI (Partai Keadilan & Persatuan Indonesia)

Dari 12 (dua belas)  Peserta Partai Politik hanya 10 (sepuluh) Partai yang mempunyai wakil Rakyat di tingkat Pusat,  karena peraturan PT.(Parlementer Threshold) Yaitu mulai dari  PDIP,  GOLKAR, GERINDRA,  DEMOKRAT,  PAN,  PKS,  PKB, PPP,  NASDEM dan HANURA yang lolos,  sedang dua partai yaitu PBB dan PKPI belum melewati ambang batas PT (Parlementer Threshold) .

Sehingga belum mempunyai Fraksi atau wakilnya di tingkat Pusat,  hanya saja di tingkat Provinsi dan Kabupaten atau Kota tetap ada.  Karena peraturan PT  hanya untuk di tingkat Pusat,  jadi untuk tingkat provinsi, kabupaten maupun kota belum berlaku.

Sehingga kursi untuk kedua partai tadi yaitu PBB dan PKPI kalau memang dapat dan ada di tingkat Provinsi, kabupaten maupun kota,  maka kursi nya tetap ada tapi di tingkat Nasional hilang dengan sendirinya karena sistem PT. tadi.

Selain kedua belas Partai Politik Peserta Pemilu tahun 2014,  yang sudah barang tentu akan ikut lagi menjadi Peserta lagi di tahun 2019,  kemungkinan ada  beberapa Partai baru yang nantinya kalau sudah di seleksi oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum) dan dinyatakan lolos,  maka Peserta Pemilu tahun 2019  kemungkinan akan bertambah.

Untuk menuju damai pada Pemilu 2019 nanti tergantung pada elit Politik kita yang ada di atas, kalau mereka benar-benar komitmen memperjuangkan dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan segala-galanya.  Atau maaf kepentingan golongan, kelompok  maupun kepentingan partainya sendiri, insya Alloh untuk mewujudkan menuju damai Pemilu 2019 akan terwujud, akan tetapi apabila sebaliknya,  maka ini pertanda kemunduran di dunia perpolitikan dan tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Harapan kita selaku orang awam di dunia perpolitikan,  semoga kepentingan bangsa dan negara harus diutamakan diatas kepentingan segala-galanya.  Atau dari pada maaf kepentingan golongan, kelompok maupun kepentingan partainya sendiri, sehingga untuk mewujudkan menuju damai Pemilu 2019 insya Alloh akan mudah terwujud.

Demikian harapan penulis semoga pemilu 2019 yang akan datang,  bisa berjalan dengan aman, damai dan lancar tentunya bebas rahasia.

Selamat berjuang,  kita-kita ini dan seluruh anak bangsa dari Sabang sampai Merauke  menunggu hasil karya dan perjuangan kalian para elit politik,  demi terwujudnya kemajuan bangsa dan negara yang kita cintai,  yaitu  NKRI  (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *