Mencari PPJK atau Ekspedisi yang Tepat

Jasa Ekspedisi atau PPJK (Perusahaan Pengusaha Jasa Kepabeanan) atau biasa dengan istilah kalau di Laut EMKL (Ekspedisi Muatan Kapal Laut) maupun di Udara dengan istilah EMPU (Ekspedisi Muatan Pesawat Udara) yang maaf benar tidaklah se gampang atau mudah seperti mengembalikan telapak tangan. Dalam mencari PPJK atau Ekspedisi yang tepat tidaklah mudah atau maaf gampang-gampang susah. mengapa demikian, karena sudah ribuan bahkan jutaan PPJK baik yang berskala besar, sedang maupun kecil sudah menjamur di mana-mana.

Bagaimanakah cara mencarinya ?

 

Cara mencari PPJK (Perusahaan Pengusaha Jasa Kepabeanan) atau istilah keren nya Ekspedisi baik melalui Bandara Udara atau Pelabuhan, ada beberapa cara atau trik diantaranya :

1.  PT. dan alamat kantornya jelas.

Dalam mencari sebuah Perusahaan Jasa Kepabeanan atau PT (Perseroan Terbatas) yang bergerak dalam bidang Ekspedisi atau PPJK sebaiknya harus teliti dan cermat salah dalam memilih anda akan rugi. Kenapa demikian karena Penulis adalah maaf Pengusaha Jasa Kepabeanan dengan Bendera PPJK PT. Star Expresindo Utama atau yang terkenal dengan sebutan PT. Star Express dan duduk sebagai Komisaris Utama nya.

Dimana PT atau PPJK ini di samping perizinan nya lengkap sesuai dengan UU Kepabeanan yang mengaturnya alamat kantornya juga jelas.

Baca Juga :  Trik Impor Barang cepat dan Akurat

Mengapa demikian karena maaf banyak Ekspedisi atau PPJK yang perizinan nya kurang lengkap dan alamat kantornya juga mengontrak bahkan tidak jelas ada yang di maaf di bawah Pohon, di masjid dan lain sebagainya, makanya Penulis perlu mengingatkan agar hal semacam ini tidak menimpa nya.

2.  PT atau PPJK nya aktif dan tidak bermasalah

Di samping PT dan alamat kantornya jelas yang lebih penting lagi dalam mencari Jasa Kepabeanan nantinya baik untuk barang Impor, Ekspor atau Domestik sebaiknya cari PT atau PPJK (Perusahaan Pengusaha Jasa Kepabeanan) yang masih aktif dan tidak masalah.

Artinya bahwa PT atau PPJK (Perusahaan Pengusaha Jasa Kepabeanan) itu benar-benar masih dalam keadaan beroperasi bahkan ramai kegiatan arus lalu lintas dalam pengurusan barang Cargo nya.

3.  Pastikan Pengalaman dalam hal Kepabeanan.

Dan yang terakhir disamping kedua hal tersebut diatas dalam mencari Ekspedisi atau PPJK yang tepat yaitu yakinkan bahwa kantor atau PT (Perseroan Terbatas) itu benar-benar ahli dalam bidang Kepabeanan seperti yang di per syarat kan dalam membuat PPJK (Perusahaan Pengusaha Jasa Kepabeanan) dimana harus di buktikan dalam bentuk piagam atau Sertifikat Ahli Kepabeanan yang di Keluarkan oleh Pihak yang terkait dalam hal ini DJBC atau Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Demikian sekilas yang bisa Penulis berikan kepada siapa saja nantinya yang akan memakai atau masih mencari PT yang bergerak di bidang Ekspedisi (PPJK) dalam bentuk artikel yang di beri judul “Mencari PPJK atau EMKL / EMPU yang Tepat” semoga bermanfaat, dengan harapan agar tidak salah dalam memilih untuk menjadi calon Partner kerjanya.

Mengingat tidak sedikit maaf Ekspedisi yang kurang memenuhi syarat sehingga tidak benar bahkan cenderung melanggar UU (Undang Undang) Kepabeanan sehingga nantinya kita sendiri yang akan menanggung akibatnya.

Wassalamualaikum wrt wb, AS – Penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *