Langkah jitu jadi Anggota Legislatif

Langkah awal menjadi Caleg

Untuk menjadi seorang Legislatif harus sabar dan penuh pengorbanan, sabar dalam arti kita harus pelan-pelan dan tekun dalam menekuni dunia  politik.  Berbagai macam cara untuk langkah awal menjadi Caleg (Calon Legislatif) agar kita bisa sukses di saat pemilihan nanti yang harus kita tempuh supaya saatnya pemilihan kita sukses.

Berikut langkah awal menjadi Caleg :

 

1. Turun ke masyarakat, artinya kita harus turun ke masyarakat memperkenalkan diri kepada masyarakat di daerah pemilihan kita. Kenapa hal ini perlu kita lakukan karena ada pepatah tak kenal maka tak sayang. Untuk itu biar di kenal orang maka kita harus sering turut ke bawah, ke tengah-tengah masyarakat di sekitar daerah pemilihan kita.

2. Sopan santun dan ramah, selain sering turun ke masyarakat jangan lupa kita juga harus bertindak sopan santun dan ramah. Hal ini pun perlu kita lakukan agar masyarakat simpatik ke kita dan memandang bahwa betul kita nantinya pantas untuk dipilih menjadi wakil rakyat karena sikapnya yang terpuji dengan sopan santun dan ramah tadi.

3. Peduli dan suka memberi, kita jangan pelit sebagai calon legislatif harus sering membantu dan peduli akan lingkungan kita. Supaya masyarakat itu sendiri menilai kita memang kita suka membantu dan peduli dengan cara suka memberi bagi yang membutuhkan tanpa diminta. Ini perlu kita lakukan dengan ikhlas dan terus menerus insya insya Alloh dengan perilaku dan sikap kita yang peduli dan suka memberi dengan sendirinya masyarakat akan tertarik.

4. Tanggap dan respon, artinya kita harus tanggap dan respon terhadap gejala atau gejolak apapun yang terjadi di sekitar kita. Kalau kita tanggap dan respon dengan cepat setiap ada kejadian dan syukur kita bisa memberikan solusi yang baik, maka masyarakat dengan sendiri mempercayai kita dan menganggap bahwa kita mampu dalam mengatasi setiap permasalahan yang ada disekitar kita.

Dengan berbekal tanggap dan respon setiap kejadian yang ada di masyarakat dan bisa memberikan solusi yang baik,  maka masyarakat menganggap kita memang pantas dipilih kelak dalam pemilihan umum kalau benar-benar kita akan mendaftar sebagai calon legislatif.

5. Membina dan memuat tim sukses, langkah terakhir disamping langkah-langkah yang sudah disebutkan diatas tadi,  maka kita harus membina orang kepercayaan kita yang nantinya akan membantu dalam rangka pencalonan legislatif. Ini perlu kita lakukan dengan benar, rapi dan tersusun dengan membentuk tim sukses agar kelak dalam pemilihan kita sukses dan bisa terpilih.

Baca juga :  Menuju damai menjelang Pemilu 2019

Setelah ter bina dan terbentuk tim sukses untuk menuju sukses di pencalonan legislatif,  maka kita harus membuat program secara berkesinambungan mulai dai program jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang.

Program apa yang pas yaitu program yang yang nantinya disesuaikan dengan kepentingan lingkungan masyarakat kita tinggal,  mulai dari desa atau kelurahan kita tinggal, kecamatan kita tinggal sampai ke seluruh dapil (daerah pemilihan) tempat kita tinggal.

Setelah program kita susun dan kita sosialisasi kan serta kita realisasi kan maka akan muncul berbagai macam kritik, saran dan masukan, hal ini penting kita tampung sebagai bahan evaluasi dan koreksi terhadap tim sukses kita.  Dengan kepala dingin masukan ,kritik dan saran tadi kita jawab dan kita musyawarah kan agar perasaan yang kurang pas dalam masyarakat bisa mencair, sehingga masyarakat akan puas dengan adanya solusi.

Dengan demikian insya Alloh persiapan anda sebelum menjadi anggota legislatif sudah dimulai dari awal dan ini merupakan awal start yang baik untuk memulainya.

Baca juga :  Arti Netral dalam Pemilu

Selamat mencoba semoga cara ini bisa membantu untuk “langkah awal menjadi Caleg” (calon legislatif).  Sekali lagi selamat mencoba semoga anda berhasil dan sukses serta tunjukkan bahwa anda layak untuk duduk dan menjadi wakil rakyat.

Demikianlah sumbang sih dari kami,  jika perlu bantuan hubungi adijawa solusi !!!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *