Karena calon tunggal maka lawannya kotak kosong

KPUD memperpanjang waktu 3 hari untuk calon yang baru satu

Banyaknya calon kepala daerah yang baru satu calon saja yang mendaftar di masing-masing KPUD (Komisi Pemilihan Umum Daerah), membuat KPUD sesuai dengan aturannya maka memperpanjang waktu pendaftaran 3 hari kedepan setelah di buka. KPUD memperpanjang waktu 3 hari untuk calon yang baru satu, maka di beri kesempatan untuk menjaring bakal calon lagi agar minimal ada dua calon. Tapi yang sudah ada dua calon atau lebih secara otomatis pendaftaran sudah di tutup dan tidak ada perpanjangan waktu.

Mengapa banyak Wilayah atau Daerah yang calon nya cuma satu ?

 

Masih adanya beberapa wilayah atau Daerah yang calon Pemimpinnya baru satu yang mendaftar sesuai aturan dan ketentuannya maka KPUD (Komisi Pemilihan Umum Daerah) memerikan waktu perpanjangan pendaftaran selama tiga hari kedepan nya.

Hal ini di lakukan atau di laksanakan agar terhindar dari satu calon yang istilahnya nanti akan bertarung dengan Kotak Kosong, untuk itu KPUD memperpanjang serta sosialisasi mengenai perpanjangan waktu bagi para calon yang masih mau berminat untuk mendaftar.

Baca juga :  Pilkada rasa Pilpres mulai terasa

Kita ambil contoh di Daerah Banten ada tiga daerah di wilayah Banten lawannya Kotak Kosong karena sampai kemarin waktu pendaftaran di tutup jam 24.00 wib calon yang mendaftar baru cuma satu. Untuk itu Panitia dalam hal ini yaitu KPUD membuka perpanjangan pendaftaran sampai tiga hari lagi, semoga sesuai aturan perpanjangan waktu pendaftaran 3 hari kedepan ada calon yang mendaftar sehingga lawannya bukan kotak kosong lagi.

Kenapa ini bisa terjadi karena mungkin tidak ada Partai yang mengusung, atau mahar Partai yang terlalu tinggi atau calon yang sudah mendaftar memborong semua Partai Politik sehingga calon lain tidak kebagian Partai untuk mengusung nya atau lain-lain sebagainya.

Dan untuk independen atau perorangan persyaratan yang sangat berat dan ketat membuat minimnya calon independen, oleh sebab itu khusus calon independen persyaratan nya semoga kedepan nya tidak terlalu berat, mohon instansi yang terkait dan berwenang agar bisa mengevaluasi mengenai persyaratan untuk calon independen.

Dan ini merupakan kerja keras KPUD dan jajaran nya agar lawannya bukan kotak kosong walaupun secara aturan dan ketentuan serta Undang-Undang tetap sah, namun ada rasa yang kurang memuaskan, maka perlunya sosialisasi antara lain ya untuk agar calon bisa ramai-ramai mendaftar.

Perpanjangan waktu pendaftaran bakal calon Kepala Daerah tujuannya sekali lagi agar tidak ada calon tunggal oleh karena itu artikel ini juga sebagai sarana salah satu untuk sosialisasi dan membantu KPUD agar bisa di sebar luaskan.

Demikian artikel tentang “KPUD memperpanjang 3 hari untuk calon yang baru satu” semoga dengan perpanjangan ini ada calon baru yang menyusul dan terhindar dari calon tunggal.

Sekian dan terima kasih wassalam wr wb, AS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *