Kenapa SPK Proyek turunnya lama

Kenapa SPK Proyek turunnya Lama

Dalam dunia bisnis Kontraktor istilah SPK atau Surat Perintah Kerja sudah sering kita dengar di telinga dan tidak asing lagi, namun sayangnya turunnya atau menunggunya yang cukup lama bahkan kadang jenuh dan membosankan.  Bagaimana agar SPK (Surat Perintah Kerja) proyek turunnya  lama ?  Hal inilah yang kadang kita sendiri saja, kurang paham bahkan tidak tahu mekanisme atau aturannya.

Kenapa SPK Proyek turunnya lama ?

 

Kadang hampir dibuat frustrasi oleh panitia atau pihak yang punya kewenangan mengeluarkan atau pun yang menerbitkan SPK (Surat Perintah Kerja) tadi, karena lamanya waktu yang tidak jelas aturan atau ketentuan sampai kapan.

Pernah kita bertanya tapi jawabannya juga kurang memuaskan malah membingungkan, kesannya muter-muter kadang kita sampai tidak sabar mau protes, kenapa SPK turunnya lama, akan tetapi protes nya kemana.  Mau marah juga marah nya sama siapa.

 

Hal ini benar-benar membuat para pengusaha kontraktor di bikin pusing dan frustrasi, karena tidak jelas kapan akan turunnya SPK (Surat Perintah Kerja) untuk kita bisa memulai pekerjaan atau menggarap proyeknya.

Tapi anehnya kalau proyek atau pekerjaan swasta dalam menunggu SPK (Surat Perintah Kerja) atau SK (Surat Keputusan) terkadang cukup jelas waktunya bisa 1 (satu) atau 2 (dua) minggu atau 1 (satu) bulan yang penting jelas,  jadi tidak jenuh atau jengkel dalam menunggunya karena sudah jelas batas waktunya.

Kenapa kalau Proyek di Instansi Pemerintahan baik Pemerintah Pusat maupun Daerah kadang kurang jelas waktu menunggu turun atau terbitnya SPK.  Padahal sudah jelas di Era Pemerintahan Bapak Ir. Joko Widodo atau biasa di panggil Bapak Jokowi birokrasi banyak yang di pangkas jadi tidak terlalu berliku-liku kaya terdahulu, tapi kenyataannya hampir sama lama juga.

spk lama turun knapa

Salah siapakah ini ?

Ayo sama-sama kita introspeksi diri kita masing-masing,  sebelum menyalahkan pihak lain.

Jangan heran kalau banyak pembangunan yang tidak sesuai jadwal selesainya, dan bukan salah kontraktor nya atau yang mengerjakan akan tetapi kadang SPK (Surat Perintah Kerja) nya yang  turun atau terbitnya lambat,  jadi lambat juga dalam  memulai pekerjaannya.

Untuk itu semua pihak yang terkait dalam hal ini agar bisa duduk bersama untuk mencari solusi jalan yang terbaik demi kepentingan bersama khususnya dan seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya.

Demikian untuk sekedar gambaran kenapa SPK (Surat Perintah Kerja) turunnya lama, sehingga minimal kita sudah sedikit ada penjelasan.

Semoga kesabaran akan ada pada diri kita para Kontraktor khususnya, agar kedepan nya kita semua bisa sabar, sabar dan terus bersabar dalam menunggu turunnya atau terbitnya SPK (Surat Perintah Kerja) dari Instansi yang terkait atau berwenang.

Karena sabda Rosululloh saw memang sabar itu tidak ada batasnya !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *