Kenapa Partai harus Koalisi

Partai politik adalah salah satu kendaraan politik, atau wadah yang paling tepat, walaupun masih ada cara lain atau wadah lain seperti  Ormas, Aktivis,  Pengamat atau yang lainnya, kalau kita ingin duduk seperti di Pemerintahan langkah awal harus memenangkan di pemilu dan kenapa partai harus koalisi, karena menang di pemilu nya belum mayoritas. Selain di Pemeritahan atau Eksekutif, ada juga yang di Legislatif tapi kemungkinan juga bisa di Yudikatif.

Hal ini tergantung dari niat kita arah nya mau kemana,  disamping tentunya juga nasib atau garis tangan.  Melihat perkembangan politik di tanah air akhir-akhir ini,  setelah rejim orde baru tumbang dan berganti ke rejim Reformasi, kita mengamati dari Pemilu ke Pemilu belum ada satu partai politik pun yang menang mayoritas terus-menerus seperti Golkar(Golongan Karya) semasa orde baru.  Oleh karena itu Partai harus Koalisi kalau ingin nantinya  kokoh dan kuat dalam menjalankan kebijakan-kebijakan di pemerintahannya.

Kenapa partai harus Koalisi ?

Dengan belum adanya satu partai politik pun yang menang mayoritas atau menang mutlak setelah rejim Orde baru berakhir,  maka mau tidak mau atau suka tidak suka diperlukannya Koalisi artinya gabungan beberapa partai yang hampir sama misi dan visi nya untuk nantinya secara bersama-sama mengelola pemerintahan  yang disebut eksekutif agar kokoh dan kuat.

Hal ini perlu dan penting karena biar kokoh dan semakin kuat sehingga kebijakan yang akan diambil nantinya akan stabil dan lancar karena kuatnya koalisi tadi.  Di samping itu perlunya koalisi agar jalannya roda pemerintahan cepat berjalan sehingga kebijakan-kebijakan serta pembangunan akan cepat berjalan dengan lancar.

Selain koalisi tadi, di sebuah pemerintahan juga di perlukan nya oposisi sebagai penyeimbang atau pengawasan atas jalannya roda pemerintahan dalam menjalankan segala macam kebijakan dan program-programnya.

Seperti halnya saat ini ada dua partai oposisi yang selalu mengawasi jalannya roda pemerintahan yaitu Partai Gerindra (Gerakan Indonesia Raya) dan Partai Keadilan Sejahtera atau PKS. Kedua partai ini dengan tegas memposisi kan sebagai oposisi pemerintahan.  Hal ini penting dalam sebuah pemerintahan sebagai kontrol takutnya akan kebablasan apabila tidak ada yang mengontrol kebijakan dalam menjalankan roda pemerintahan.

Walau terkadang dibantu partai yang memposisi kan sebagai partai netral seperti Demokrat, Kadang menurut pengamatan kita,  ada juga partai yang setengah koalisi dan setengah Oposisi,  bahkan kadang netral yaitu seperti Partai Amanat Nasional atau PAN. Tidak bisa kita pungkiri PAN yang katanya sudah bergabung ke partai Koalisi  Pemerintah,  terkadang dalam satu hal pernah berlainan kebijakan.

Bahkan tidak jarang partai motor Koalisi PDI Perjuangan bingung ingin minta kejelasan dari pihak PAN, apakah masih ingin bergabung dengan Koalisi Pemerintah, atau menjadi Oposisi.  Hal yang begini,  sangat membingungkan PDI Perjuangan itu sendiri dan pendukung koalisi lainnya, serta banyak pihak, termasuk Penulis.

Demikian sekilas gambaran Kenapa Partai harus  Koalisi, semoga article ini bisa menambah wawasan kita semua,  untuk makin cerdas dan berperan serta dalam mengawasi jalannya roda Pemerintahan demi kejayaan dan kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sama-sama kita cintai ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *