Haruskah orang dalam yang selalu dapat proyek

Haruskah orang dalam yang dapat Proyek

Jaman sudah berubah, rejim sudah berganti, tapi haruskah orang dalam yang dapat Proyek.  Hal ini yang kadang kita masih bingung, sebab namanya penyakit tidak mungkin di obat akan langsung sembuh. Kadang merasa ada kolega orang dalam selalu saja ingin dapat proyek terus menerus.

Untuk mencegah atau minimal mengurangi kebiasaan haruskah orang dalam yang dapat proyek, berikut di bawah ini langkah-langkah yang harus di tempuh :

1. Saling mengingatkan.

Artinya kita harus saling mengingatkan, bahwa sudah bukan jaman nya lagi orang dalam yang dapat proyek. Kenapa demikian,  karena ada mekanisme atau tata cara yang harus diikuti agar kita bisa mendapatkan proyek secara semestinya.

Jadi dalam tender atau lelang harus terbuka dan pemenang pun harus betul-betul lewat seleksi yang sesuai dengan aturan yang berlaku.

2. Peringatkan secara halus dan laporkan bila perlu.

Langkah berikutnya kalau memang ada unsur penyimpangan, maka peringatkan secara halus agar kesalahan atau kekhilafan tadi bisa diperbaiki.

Akan tetapi kalau di peringatkan tidak mau, apabila ada bukti dan fakta yang nyata orang dalam katakanlah Panitia, yang dengan segala macam cara, ada unsur ingin memenangkan keluarganya agar mendapatkan proyek dengan segala macam cara, maka laporkanlah ke jenjang yang lebih tinggi secara administratif agar ada sanksi dari Atasannya.

Hal ini untuk mencegah atau mengurangi haruskah orang dalam yang selalu mendapatkan proyek, ini penting kita lakukan agar nanti kedepannya yang mendapatkan proyek ya bebul-betul yang lolos seleksi dan yang lulus. Bukan karena famili atau ada orang dalamnya.

3. Jangan pernah takut kalau benar.

Yang terakhir jangan takut kalau benar dalam menghadapi lelang atau tender baik di Pemerintahan atau swasta, ada pelanggaran yang dilakukan oleh orang dalam atau panitia lelang segera laporkan ke Atasannya.

Biasanya orang dalam atau Panitia dengan segala gaya dan macam cara seperti minta fee di muka, mengutamakan koleganya, minta ini itu dan sebagainya kalau orang lain yang ikut lelang atau tender.

Ada kesan secara tidak langsung mempersulit atau menghalang-halangi kehadiran Perusahaan atau orang lain ikut tender, Kenapa demikian,  tidak lain adalah agar selalu orang dalam yang dapat proyeknya.

Untuk mencegah hal ini, kita perlu keberanian bagi yang merasa dirugikan. Jangan takut kalau benar, jaman sudah berubah. Kalau benar secara nyata atau terang-terangan ada pelanggaran atau ada yang dilanggar dalam hal tender atau lelang proyek dan punya bukti serta ada saksi segera laporkan ke Atasannya.

Demikianlah cara untuk mencegah, haruskah orang dalam yang selalu mendapatkan proyek. Agar atasannya dapat menindak, syukur keputusannya bisa di batalkan, jadi kita orang luar ada peluang untuk mendapatkan proyeknya.

 Harus orang dalam  yang dapat proyek ?

Baca juga :  Cara mendapatkan Proyek besar

Semoga tulisan ini bermanfaat dan berbagilah pada yang lain. Apabila ada kesulitan dalam masalah di atas kami dengan senang hati bisa membantunya.

Hubungi Penulis :  adijawa solusi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *