menjaga relasi dalam bisnis

Cara menjaga Relasi dalam bisnis

Dalam dunia bisnis menjaga relasi sangat di perlukan bahkan boleh dikatakan sangat di haruskan. Karena mencari relasi sendiri sekarang sangat susah sekali mengingat persaingan bisnis yang sungguh sangat ketat, untuk itu kalau kita punya relasi cara menjaga relasi dalam bisnis perlu kita dahulukan agar mereka nyaman menjadi rekanan bisnis kita.

Berikut dibawah ini cara menjaga Relasi dalam bisnis :

 

1.Sering komunikasi dan silaturahmi

Komunikasi adalah sarana yang penting untuk menjalin hubungan sesama rekanan atau relasi. Dengan komunikasi kita dapat mengerti satu sama lainnya apalagi sesama relasi atau rekanan kita sendiri,  jadi kita tahu perkembangan bisnis kita masing-masing.  Bahkan kalau komunikasi sudah lancar bisa kita lanjutkan dengan silaturahmi untuk saling mendatangi tempat bisnis kita masing-masing, agar kita makin dekat dan saling kekeluargaan .

Disamping itu silaturahmi  juga dianjurkan oleh agama jadi selain silaturahmi untuk saling kunjungan bisnis, silaturahmi juga dapat untuk menyambung tali persaudaraan sesama kita dan mendatangkan rejeki atau keuntungan.

Adanya sering komunikasi dan silaturahmi juga meningkatkan kepercayaan dalam bisnis yang tentunya menguntungkan kedua belah pihak.

2. Berikan perhatian

Maksud dari berikan perhatian disini kita harus paham betul, kapan relasi atau rekanan kita mengadakan acara. Carilah informasi biar kesannya mendadak atau surfaise, hal ini juga penting cari informasinya umpamanya seperti kapan ulang tahun, dan pas di waktunya tidak ada salahnya kita berikan ucapan atau belikan kue ulang tahun.

Sepele tapi artinya sangat luar biasa, kenapa?

Karena dengan ucapan yang kita sampaikan atau dengan kue ulang tahun yang kita berikan maka ini buat relasi atau rekanan kita ungkapan dan perhatian yang tidak ada bandingannya.  Jadi hal-hal semacam ini sangat penting, dalam menjaga relasi bisnis. Disamping masih banyak cara lagi, umpamanya relasi buka cabang, tidak ada salahnya kita mengucapkan kata atau ucapan selamat

Baca juga :  Merawat bisnis dan kepercayaan

Syukur bisa mengirimkan karangan bunga dan berikan tulisan Selamat atas dibukanya cabang yang baru, semoga tambah sukses atau bagaimana caranya. Tapi yang paling penting pengirimnya darimana ternyata dari kita. Hal ini sungguh luar biasa buat relasi perhatian yang diberikan oleh kita.

3. Ajak makan bersama

Sesekali relasi atau rekanan kita ajak makan bersama, dengan makan bersama bukan sekedar makan nya atau menu dan tempatnya,  akan tetapi maknanya sungguh luar biasa.  Karena setelah kita makan bersama tidak tertutup kemungkinan kita jadi bertambah akrab, saling terbuka dalam hal bisnis dan makin dekat seperti halnya saudara artinya sudah tidak ada jarak lagi.

Untuk itu cara-cara tersebut sesekali penting kita lakukan  dan kita jalankan agar relasi atau rekanan kita merasa nyaman.  Dengan kenyamanan ini maka relasi atau rekanan tidak kemana-mana dan semakin senang menjadi rekanan dengan kita.  Bahkan tidak tertutup kemungkinan akan mengajak rekan-rekannya atau mungkin saudaranya yang kebetulan sama bidangnya bisnis, untuk bergabung dengan usaha kita.

Dan masih banyak cara yang lain yang harus kita berikan atau kita tunjukkan bagaimana cara menjaga relasi dalam bisnis intinya kita sering komunikasi dan silaturahmi, selalu memberikan perhatian dan sesekali ajak keluar hanya sekedar makan bersama. Yang kesemuanya itu tidak lain agar relasi atau rekanan bisnis kita nyaman kerjasama dengan kita.

Demikian tujuan artikel ini,  agar cara yang sudah dituliskan diatas walaupun kelihatannya sangat sepele dan kecil artinya semoga besar manfaatnya buat kelangsungan bisnis kita.

Selamat mencoba semoga usaha anda akan bertambah sukses,  jika ada kesulitan atau perlu bantuan dengan seputar masalah ini dengan senang hati  adijawa solusi siap membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *