cara mendapatkan proyek besar

Cara Mendapatkan Proyek Besar

Ada beberapa proyek baik besar, sedang maupun kecil, dan ada proyek dari Pemerintah Pusat, Pemerintah daerah maupun swasta. Bagaimana cara mendapatkan proyek besar, diantaranya kita juga harus mempersiapkan diri dengan baik dan pintar untuk mengikuti seleksi atau tender proyek besar tersebut. Selengkapnya akan kita bahas di sini.

Bagaimana cara mendapatkan Proyek besar  :

 

1.Mempersiapkan diri ikut pendaftaran

Jauh-jauh hari kita harus mempersiapkan diri ikut pendaftaran, dan persiapan seleksi kelengkapan maupun kerapihan serta lobi kita, sehingga pas waktunya pendaftaran seleksi atau tender kita betul-betul sudah siap. Mempersiapkan diri disini artinya segala kelengkapan yang ada dalam persyaratan seleksi atau tender sejauh mungkin harus di cek atau di teliti satu persatu termasuk sampai dimana masa habis perizinan kita.

Kalau salah satu kelengkapan dokumen perusahaan kita ada yang habis atau mau habis masa berlakunya segera kita perpanjangan. Begitu juga dokumen lainnya ada yang perlu di legalisasi atau lainnya sesuai dengan persyaratan yang diminta.

2. Pendekatan dengan orang dalam dan lobi

Cara mendapatkan proyek besar kita harus pendekatan dengan orang dalam dan lobi, maksudnya jangan sampai ketinggalan perkembangan mengenai sesuatu yang berhubungan dengan proyek dan harus tahu persis jadwal urutan mulai pendaftaran, seleksi sampai pengumuman pemenang.

Hal ini sangatlah penting karena persaingan di proyek besar sangat ketat dan perusahaan yang ikut pun semuanya hebat dan kuat.  Tinggal pintar-pintar kita dalam pendekatan dan lobi orang dalamnya.

Karena semua juga pasti mempunyai cara dan jurus masing-masing untuk mendapatkan proyek besar itu dan jangan lupa rangkul tim pengawas, baik tim independen dari dalam itu sendiri maupun tim netral dari luar seperti LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) maupun wartawan dan jangan lupa tidak nampak tapi selalu ada yaitu Tim Saber Pungli (Satuan Bersama Pungutan Liar) yang dibentuk atas Instruksi Bapak Presiden langsung.

Kalau ini semua bertindak benar dan jujur maka pemenang yang akan mendapatkan tender ini betul-betul yang bermutu dan memang layak untuk mendapatkannya.

Bukan seperti jaman dulu yang dapat yang orang dalam atau yang memberikan imbalan yang besar, alhamdulillah jaman sudah berubah semoga tidak kembali seperti dulu lagi, dengan datangnya tim-tim pengawas tadi.

3. Pantau dan ikuti terus perkembangannya.

Jangan lupa langkah berikutnya pantau dan ikuti terus perkembangannya yang ada kaitannya dengan seleksi proyek besar tadi.

Mengapa demikian karena ini seleksi proyek besar semua ingin mendapatkannya,  apalagi yang merasa maaf keluarga pejabat.  Keluarga orang dalam bahkan keluarga panitia apalagi merasa dirinya konglomerat yang uangnya banyak, berani berbuat atau memberi berapa saja demi mendapatkan proyek besar. Untuk itu kita pantau dan ikuti terus perkembangannya.

Demikian cara mendapatkan proyek besar baik yang ada di Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah maupun swasta.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat,  selamat mencoba insya Alloh berhasil dan jangan lupa berdzikir, berpikir dan terus berjuang demi mendapatkannya !!!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *