langkah cara dapat tender proyek

Cara agar bisa dapat Tender Proyek

Persaingan dunia usaha serta persaingan dalam menang tender atau lelang proyek sungguh berat dan ketat. Tapi cara agar bisa dapat tender proyek kita pun harus pandai-pandai atau lincah karena semua itu ada kunci dan caranya yang tidak semua orang bisa. Kalaupun bisa akan tetapi tidak semua tahu alur atau jalannya. Untuk itu ada beberapa cara atau langkah serta tips agar kita bisa dapat menang dalam tender proyek.

Cara dapat tender Proyek diantaranya :

 

1.Harus kenal dan dekati Panitia Tender

Cara ini penting karena ada istilah tak kenal maka tak sayang begitu juga dalam dunia bisnis seperti tender proyek ini maka kita harus kenal dan dekati Panitia Tender.

Karena bagaimanapun juga panitia tender salah satu diantara pertimbangan lain yang sangat menentukan siapa yang akan mendapatkan atau jadi pemenang dalam lelang atau seleksi tender. Untuk itu kita harus kenal dan dekati panitia tender, terus kita bicara mengenai ke ikut sertanya kita dalam lelang atau tender proyek ini.

2. Rajin silaturahmi dan pertemuan

Langkah atau cara berikutnya rajin silaturahmi dan pertemuan maksudnya agar perkenalan dengan panitia tender yang sudah kita jalin makin bertambah akrab dengan seringnya atau rajin silaturahmi dan pertemuan.

Dengan seringnya atau rajin silaturahmi dan pertemuan maka secara emosional hubungan kita semakin bertambah akrab, bahkan tidak canggung lagi akhirnya kita membicarakan tentang tender atau lelang yang sedang kita ikuti ini.

Hal ini perlu dan penting sekali karena mungkin saingan kita dalam tender juga mempunyai cara yang serupa bahkan punya cara pendekatan yang lebih baik lagi. Untuk itu kita perlu melakukan cara ini agar panitia tender atau lelang hatinya tergugah dan simpati dengan kita dan pada akhirnya bisa membantu atau menolong kita dalam hal lelang atau tender proyek.

3. Mencari orang yang punya pengaruh

Langkah berikutnya agar dapat tender proyek selain harus kenal dan dekati panitia tender sama rajin silaturahmi dan pertemuan kita juga harus mencari orang yang punya pengaruh.

Tentunya orang yang berpengaruh dan ada hubungannya dengan seleksi tender atau lelang yang sedang kita ikuti ini. Karena tidak ada kenalan orang yang berpengaruh ini kadang kita jadi susah menang tender itu sendiri.

Cara ini penting walaupun kita sudah kenal dengan panitia tender maka dengan mengenal dan dekat juga sama orang yang punya pengaruh insya Alloh semoga bisa mendapatkan tender atau proyek sesuai dengan yang kita harapkan.

Tetapi sebelum angan-angan mendapatkan tender terwujud kita juga harus tahu dan loyal bagaimana biar orang yang berpengaruh mau membantu dan jinak kita mesti tahu dan paham apa yang bisa membuat atau agar beliau jinak.

Tentunya kita harus service beliau dan disini pun jangan salah langkah agar tidak tersinggung, karena sifat dan watak orang berbeda-beda untuk itu yang dekat dan paham sama orang yang punya pengaruh itulah kita mintakan informasinya.

4. Ikuti dan awasi jalannya tender

Yang terakhir setelah ketiga cara tadi sudah kita lalui yaitu ikuti dan awasi jalannya tender atau proses lelang.  Agar apa, agar seleksi tender atau lelang berjalan sesuai dengan mekanisme dan aturannya sehingga tidak terjadi hal-hal yang menyimpang atau yang tidak kita kehendaki.

Kalau ini semua sudah di lalui dan sudah tersusun rapi maka peluang untuk mendapatkan tender proyek, bukan tidak mungkin akan tercapai.

Demikian tips atau cara untuk memperoleh atau  cara agar bisa dapat tender proyek , semoga bermanfaat bagi anda yang sedang atau akan mengikuti lelang dan seleksi tender proyek baik di proyek pemerintahan maupun proyek swasta.

Selamat mencoba dengan tips atau cara yang penulis sajikan ini, semoga anda akan berhasil !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *