5 langkah jitu usaha kepabeanan

5 Langkah Buka Usaha Jasa Kepabeanan/Ekspedisi (PPJK)

Biasanya orang ketika awal memulai bisnis Kepabeanan akan timbul pertanyaan.  Apa langkah selanjutnya ? Nah dalam article ini akan saya bahas tentang 5 langkah atau cara setelah buka usaha jasa Kepabeanan atau ekspedisi,  agar cepat sukses maju dan berkembang dengan cepat dan tentunya dengan harapan untung yang begitu banyak sesuai dengan yang di harapkan, Adapun ke lima langkah itu adalah sebagai berikut dibawah ini :

5 langkah buka usaha Jasa Kepabeanan/Ekspedisi :

 

1.  Galakan marketing.

Mengawali langkah buka usaha jasa Kepabeanan/ekspedisi adalah dengan galak kan marketing, artinya perbanyak  mencari job atau order yang berhubungan dengan ekspor, impor barang  maupun domestik yaitu pengiriman barang antar pulau antar provinsi yang masih ada hubungannya dengan usaha di Kepabeanan.

Diantaranya kita jemput bola turun ke pabrik-pabrik atau ke kantor-kantor bahkan yayasan atau rumah-rumah maupun instansi pemerintahan,  yang memang ada pengiriman serta pemasukan barang,  baik melalui pelabuhan maupun bandara.

2.  Memberikan pemahaman.

Setelah jemput bola mencari relasi atau pelanggan kemudian langkah berikutnya, memberikan pemahaman atau penjelasan sekilas tapi jelas. Tentang tatacara Kepabeanan yang berkaitan dengan pengiriman barang tadi,  sesuai dengan dengan usaha kita di jasa Kepabeanan. 

Baca juga :  Modal usaha di bandara

Hal ini adalah bagian dari langkah usaha jasa dibidang Kepabeanan/ekspedisi, makanya kita perlu mempunyai Ahli Kepabeanan di dalam kantor kita minimal satu orang.

3.  Pelayanan yang sopan dan baik.

Langkah jitu selanjutnya yaitu  pelayanan yang sopan dan baik.  Kenapa demikian,  karena               pelayanan  yang sopan dan baik,  adalah salah satu modal kita disamping modal finansial untuk menarik dan membuat relasi simpati.

Kalau sudah simpati makan sudah barang tentu relasi akan puas dan senang dengan pelayanan yang sopan dan baik  yang kita berikan.  Syukur-syukur bisa merekomendasikan kawan-kawannya agar bisa menjadi rekanan perusahaan kita juga.

4.  Tepat waktu

Selain pelayan yang baik dan sopan  tepat waktu  tidak kalah penting dalam langkah jitu usaha di jasa Kepabeanan.  Mengapa demikian,  relasi akan senang kalau pengiriman barang kita akan sampai tepat pada waktunya.  Jadi si penerima barang akan senang karena barang di terima tepat sesuai jadwal atau tepat waktu.

Karena dengan tepat waktu orang akan puas dan bangga bahkan senang yang tiada taranya, sehingga akan bertahan untuk menjadi langganan. bahkan akan bilang ke kawan-kawanynya sehingga ini keuntungan buat kita juga, karena referensi darinya maka relasi akan bertambah dengan sendirinya.

5.  Meminta kritik dan saran.

Yang terakhir langkah jitu setelah usaha jasa Kepabeanan yaitu  meminta kritik dan saran               terutama kepada para relasi atau para pelanggan.

Seputar pelayanan kami dari awal sampai akhir, dari mulai mengambil dokumen dan barang sampai diterimanya barang oleh si penerima.  Hal ini penting sebagai koreksi usaha kita agar kedepan akan bertambah baik bahkan lebih baik.

Baik dari segi pelayanan,  tepat waktu,  maupun  keutuhan barang yang dikirimnya.  Dan ingat se sakit apapun kalau ada  kritik dan saran  hendaknya kita harus terima dengan senyum dan sopan.

Baca juga :  Modal usaha di Pelabuhan

Mengingat usaha kita itu jasa,  jadi sopan santun dan tutur kata kita,  baik dalam tingkah laku      perbuatan atau tutur kata bahasa wajib dijaga,  karena cuma itu modal yang paling utama dalam usaha di bidang jasa Kepabeanan (PPJK) atau jasa apa saja.

Demikian 5 Langkah buka usaha Jasa Kepabeanan/ekspedisi (PPJK), semoga bisa bermanfaat buat kita semua dan selamat mencoba usaha ini, semoga anda akan berhasil.

Apabila ada kesulitan,  silahkan dengan senang hati kami siap membantunya !!!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *